Tuesday 29 March 2016

Manajemen Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah organisasi yang didalamnya memiliki struktural baik yang sistematis ataupun non sistematis serta organisasi formal dan informal juga ada di dalamnya. Dalam perkembangannya pendidikan tidak akan lepas dari perkembangan organisasi yang ada di dalam ruang lingkupnya. Mengapa demikian ? Karena organisasi merupakan salah satu faktor dimana perkembangan pendidikan akan terlihat. Dalam organisasi pastinya memiliki manajemen dalam mengatur atau mengelolanya. Begitu pula dengan pendidikan, hal itu didasari dengan adanya keterkaitan atau hubungan yang tidak akan lepas antara anggota yang ada di dalam organisasi tersebut. Kualitas sumber daya manusia dalam organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pendidikan pun tidak akan lepas dari hasil apa yang telah dikelola sebelumnya.
Kondisi tersebut akan terus mengarah hingga terlihat jelas jika suatu negara memang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal tersebut memberikan tantangan bagi para kaum atau kalangan dunia pendidikan untuk lebih baik lagi dalam mengelola komponen-komponen yang ada di dalam sistem pendidikan itu sendiri. Tantangan global akan pendidikan pun menjadi bagian bagi setiap lembaga pendidikan untuk menemukan sumber daya manusia (SDM) yang mampu memberikan kontribusi kepada negara dengan menjadikan seorang pendidik yang profesional. Determinasi dari hal tersebut dapat dilihat dari hasil output peserta didik yang telah berhasil melewati jenjang pendidikan minimal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Lalu tantangan untuk masa depan bagi kalangan dunia pendidikan yaitu menentukan atau memikirkan kesiapan kaum pendidik untuk mengimbangi persaingan dalam dunia pendidikan dengan negara lain akibat globalisasi. Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai penerus generasi selanjutnya dalam meningkatkan perkembangan pendidikan harus diiringi dengan pengelolaan dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi berjalannya proses perkembangan pendidikan, seperti pengelolaan ekonomi, administrasi dan yang lainnya.
Tantangan globalisasi dalam persaingan antar bangsa dan negara terlihat semakin nyata, dimana sistem globalisasi ini sendiri menuntut kepada sumber daya manusia (SDM) harus memiliki kualitas yang unggul, yang tidak hanya mampu bersaing di lingkungan sendiri, melainkan dalam kehidupan secara luas atau global. Kriteria sumber daya manusia yang berkualitas meliputi keunggulan dalam aspek fisik, psikis, pengasaan ilmu pengetahuan, teknologi, disiplin, tanggung jawab, jujur, berdedikasi tinggi, memiliki skill atau keterampilan tertentu, serta memiliki orientasi untuk masa depan. Dengan demikian, tantangan bagi kaum pendidik sudah terlihat jelas. Peserta didik merupakan aset negara yang harus dibentuk dengan sedemikian rupa yang sehingga pada akhirnya akan memiliki kemampuan yang dapat bersaing dengan dunia luar dan negara dapat atau lebih siap lagi untuk menerima tantangan globalisasi pada masa kini ataupun masa yang akan datang.
Dalam pengelolaannya, terdapat sangat banyak manajemen atau pengelolaan yang terlibat dalam organisasi atau lembaga pendidikan. Hal tersebut antara lain, yaitu :
1. Manajemen Manusia / Pengelolaan Manusia
2. Manajemen Sarana dan Prasarana / Pengelolaan Sarana dan Prasarana
3. Manajemen Biaya / Pengelolaan Biaya
4. Manajemen Teknologi / Pengelolaan Teknologi
5. Manajemen Informasi / Pengelolaan Informasi
6. Manajemen Sistem Birokrasi / Pengelolaan Sistem Birokrasi

Jika dilihat lebih dalam lagi, ruang lingkup manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam proses berjalannya suatu pengelolaan. Karena dalam suatu keberhasilan organisasi, didalamnya terdapat manusia yang telah mengelola organisasi tersebut sedemikian rupa sehingga organisasi tersebut dapat berhasil. Kualitas sumber daya manusia inilah yang akan menunjang organisasi dengan berbagai karya, bakat, kreatifitas, dan motivasi atau dorongan. Alasan kenapa manusia merupakan faktor yang peling penting, karena seberapa canggih, seberaba bagus kualitas teknologi, seberapa canggih sistem ekonomi, seberapa banyak sistem administrasinya jika sumber daya manusianya belum mampu untuk mengelolanya hal tersebut jelas akan sulit atau bahkan tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama sebelumnya.

0 comments: