Friday 11 March 2016

Pendidikan

Disini saya akan membahas :
1. Apa itu pendidikan ?
 

Kita sebagai manusia yang lahir di dunia secara tidak sadar sudah mendapatkan pendidikan di lingkungan keluarga khususnya dari orang tua. Semakin bertumbuh kembangnya manusia tingkat ilmu atau wawasan tentang belajar pun semakin berkembang. Dimulai dari duduk di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama & Atas (SMP&SMA) hingga melajutkan studi yang lebih tinggi lagi di perguruan tinggi. Kata pendidikan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita untuk mendengarnya. Karena semua manusia pasti membutuhkan pendidikan dan mengalami proses pendidikan itu sendiri sesuai dengan keadaannya. Demi tujuan hidupnya agar tercapai dan dapat meningkatkan tingkat sumber daya manusia yang berkualitas, maka manusia harus menempuh pendidikan baik secara formal atau non formal atau in formal untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas agar proses pencapaian tujuan hidupnya dapat tercapai sesuai dengan keinginannya. 
Dalam sejarahnya pendidikan itu berasal dari bahasa yunani yang berasal dari kata "Paid" yaitu anak dan "ago"  artinya mendidik, yang berarti mendidik anak atau yang sering kita dengarkan dengan istilah pedagogi. Jadi dapat di pahami bahwa Pedagogi adalah proses membimbing atau mendidik anak untuk membentuk dan mengubah suatu karakter atau sikap manusia baik secara individu maupun kelompok dengan tujuan untuk mendewasakan manusia melalui proses belajar mengajar. Adapun para ahli yang mendefinisikan pendidikan dengan berbagai macam definisi yang sudah muncul sesuai dengan perkembangan dari dunia pendidikan yang semakin berkembang, yakni sebagai berikut :
1. Menurut Prof. H. Mahfud Yunus
    Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak  yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani, dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak-anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.
2. Menurut Prof. Herman H Horn
    Pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional, dan kemauan dari manusia.
3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
4. Menurut Ahmad D Marimba
    Pendidikan ialah suatu proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, yang tujuannya agar kepribadian peserta didik terbentuk dengan sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yaitu pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan tetapi baik juga secara karakter.
5. Menurut Ensiklopedia Pendidikan Indonesia
    Pendidikan yaitu sebagai proses membimbing manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, dan kecerdasan pengetahuan.
6. UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 
    Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan, dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.
7. Menurut Dryarkara
    Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani. (Dryakara, Dryakara Tentang Pendidikan, Yayasan Kanisius, Yogyakarta. 1950, hlm.74)
8. Menurut Ki Hajar Dewantara
    Pendidikan sebagai upaya memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam masyarakatnya. Lebih lanjut beliau ( Kerja Ki Hajar Dewantara 1962:14) menjelaskan bahwa "pendidikan pada umumnya berarti daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter) pikiran (intelect) dan tubuh anak; dalam pengertian taman siswa tidak boleh dipisah-pisahkan bagian-bagian itu, agar supaya kita dapat memajukan kesempurnaan hidup, yakni kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik selaras dengan dunianya.
9. Menurut Prof. Lodge dalam buku "Philosophy of Education"
    The word "education" is used, sometimes in a wider, sometimes in a narrower, sense. In the wider sense, all experiences said to the educative and life is education and education is life. "perkataan pendidikan kadang-kadang dipakai dalam pengertian yang luas dan pengertian sempit. Dalam pengertian luas pendidikan adalah semua pengalaman, dapat dikatakan juga bahwa hidup adalah pendidikan dan pendidikan adalah hidup".
    In the Narrower Sense "education is restricted to that function of the community which consist in passing in its traditions its background and its outlook to members of the rising generation. "Pengertian pendidikan secara sempit adalah pendidikan dibatasi pada fungsi tertentu di dalam masyarakat yang terdiri atas penyerahan adat istiadat (tradisi) dengan latar belakang sosialnya, pandangan hidup masyarakat itu kepada warga masyarakat generasi berikutnya.
10. Menurut Brubacher dalam bukunya "Modern Phylosopies of Education"
      "Education should be though of as the proccess of mans reciprocal adjusment to nature to his follows and to the ultimates nature of the cosmos". "Pendidikan diartikan sebagai proses timbal balik dari setiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman dan alam semesta.
       Education is organized development and equipment of all power of human being, moral, intellectual, and physical, by and for their individual and social uses, directed to word the union of these activities with their creator as their final end. "Pendidikan merupakan pula perkembangan yang terorganisasi dan kelengkapan dari semua potensi manusiawi, moral, intelektual, dan jasmani oleh dan untuk kepribadian individualnya serta kegunaan masyarakatnya yang diarahkan demi menghimpun semua aktivitas tersebut bagi tujuan hidupnya". (dikutip dari https://www.wikipedia.com/pendidikan)
11. Menurut UU SISDIKNAS No. 2 Tahun 1989
      Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
12. Menurut M J Langeveld
      Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.
13. Menurut Stella Van Petten Henderson
      Pendidikan merupakan suatu kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan total.
14. Menurut Kohnstamn dan Gunning
      Pendidikan merupakan suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.
15. Menurut Horne
      Pendidikan adalah proses yang dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang dengan secara fisik dan mentalnya.
16. Menurut Frederick J. Mc Donald
      Pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya adalah merubah tabiat manusia atau peserta didik.
17. Menurut Carter V Good
      Pendidikan sebagai suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin khususnya dalam lingkungan sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan kepribadiannya.
18. Menurut Prof. Dr. John Dewey 
      Pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

0 comments: